/ 10 daftar Alternatif aplikasi selain WampServer

10 daftar Alternatif aplikasi selain WampServer



WAMP (Windows, Apache, MySQL, PHP/Perl/Python)
WampServer adalah perangkat lunak server, yang memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi Web Dengan Apache, PHP5 dan MySQL. Ini adalah proyek open source yang dirancang untuk lingkungan Web Development Windows.WampServer juga dilengkapi dengan PHPMyAdmin dan SQLiteManager untuk mengelola database yang dibuat.
WampServer diinstal secara otomatis (installer), dan penggunaannya sangat intuitif. Anda akan dapat menyetel server Anda tanpa menyentuh file pengaturan. WampServer adalah satu-satunya solusi paket yang akan memungkinkan Anda untuk mereproduksi server produksi Anda. WampServer juga memiliki ikon tray untuk mengelola server dan pengaturannya.
ini dia beberapa alternatif selain wamp server, mari lihat.

1. XAMPP Server

Aplikasi ini benar-benar mengagumkan untuk menginstal web server Apache, dan memudahkan ketika Anda ingin menginstal MySQL, PHP dan Perl dengan Apache, dalam pengembangan web jauh lebih mudah. XAMPP dirancang mudah dalam tahap instalasi Apache yang berisi MySQL, PHP dan Perl untuk Windows, Linux, MAC. XAMPP sangat mudah digunakan, biasanya dalam paket unduhannya di kemas dalam zip arsip atau file exe.
Unduh Xampp

2. Apache HTTP Server

Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.

Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.

Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation.

Unduh Apache

3. Mamp Server

“MAMP” adalah singkatan dari : Macintosh, Apache, MySQL dan PHP. Menginstal MAMP di Mac OS X sangat mudah hanya dengan beberapa klik mouse, Anda sudah dapat menginstal Apache, PHP dan MySQL untuk Mac OS X.
MAMP akan menginstal local server dalam hitungan detik pada komputer Mac OS X, baik itu PowerBook atau iMac. Seperti paket-paket yang sama yang dari Windows dan Linux, MAMP bersifat gratis atau free of charge.
MAMP terpasang secara khas di Mac: sangat mudah. MAMP mengabaikan instalasi Apache yang tersedia sebelumnya di Mac OS X. Anda dapat menginstal Apache, PHP dan MySQL tanpa memulai script atau harus mengubah file konfigurasi.
Selanjutnya, jika MAMP tidak lagi diperlukan, cukup menghapus folder MAMP di folder Application, dan segala sesuatu kembali ke status aslinya (yaitu MAMP tidak mengubah apapun yang “normal” di Mac OS X).
Licensing
Mirip dengan Distribusi Linux, MAMP adalah kombinasi perangkat lunak gratis dan ditawarkan secara gratis. MAMP dirilis di bawah GNU General Public License dan dengan demikian dapat didistribusikan secara bebas dalam batas-batas lisensi ini. Harap diperhatikan: beberapa perangkat lunak yang disertakan menggunakan lisensi yang berbeda. Dalam kasus ini, hanya lisensi yang sesuai berlaku.
Unduh Mamp

4. AMPPS Server by Softaculous

AMPPS merupakan aplikasi webserver ciptaan Softaculous dan bisa digunakan baik sebagai Webserver localhost ataupun di Onlinekan, karena AMPPS sudah mendukung banyak pengaplikasian, control panel yang sudah dapat diakses melalui browser dan sudah terintegrasi dengan segala pengaturan seperti hosting panel dan juga dapat langsung mengatur domain setting dan sebagainya.
Softaculous Auto installer juga sudah termasuk disini, meskipun untuk memanfaatkan Auto installer ini diharuskan mempunyai koneksi internet.
  • Apache : 2.2.21
  • MySQL : 5.5.27 
  • PHP : 5.4.6, 5.3.16 and 5.2.17
  • PERL : 5.10.1 
  • Python : 2.7.2 
  • MongoDB(64-bit) : 2.0.7
Unduh Ampps

5. EasyPHP WebServer 

Adalah sebuah aplikasi yang menginstall webserver apache, php, mysql dan manajemennya phpmyadmin, sehingga memudahkan kita untuk belajar Pemrograman PHP dan Database MySQL tanpa harus koneksi keserver.
Unduh EasyPHP

6. The Uniform Server

Uniform Server adalah Windows Apache MySQL PHP lengkap (WAMPserver) paket portabel yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pengetesan maupun live site langsung dari rumah di perangkat portabel. Uniform Server juga memungkinkan para pengembang aplikasi Web untuk menguji aplikasi yang dibuat dengan Apache, PHP, MySQL dan Perl tanpa menempatkan pekerjaan pada dedicated server atau shared hosting. Program ini berfungsi seperti layaknya sebuah server mini yang dapat menjalankan kode untuk web seperti php, Perl, CGI, maupun ASP. Seperti kita ketahui, syarat mutlak untuk dapat disebut sebagai server adalah mampu menterjemahkan bahasa yang dibuat dalam oleh Client us kemudian menterjemahkan dan selajutnya mengirimkan pesan yang disampaikan ke browser seperti apa yang diinginkan oleh pembuat situs tersebut. Dan sebuah server, umumnya harus menyediakan beberapa program penterjemah bahasa seperti yang telah disebutkan di atas. Program Uniform Server ini mirip dengan PHPTriad maupun Dongkrak. Proses instalasi sangat mudah dan tidak perlu diinstal ke dalam komputer. Anda cukup meng-copy (duplikasi) ke dalam salah satu disk drive (C atau D). Selanjutnya Anda tinggal meletakkan file instalasi Mambo ke dalam salah satu folder.
Unduh Uniform server

7. WnMp Server 

WnMp singkatan dari Windows+Nginx+MariaDB+PHP. WnMP merupakan software paket alternatif, yang memiliki muatan software agak berbeda dengan biasanya. Pada WnMP, web server yang digunakan bukan Apache lagi melainkan Nginx (dibaca: engine - x). Selain itu untuk database server digunakan MariaDB, sebuah RDBM S yang kompatibel dengan MySQL. Awalnya WnMp diberi nama Whimp, yang merupakan singkatan dari Windows+Hiawatha+MariaDB+PHP. Hiawatha adalah sebuah web server alternatif yang namanya terinspirasi dari Apache. Namun pada perkembangannya Hiawatha digantikan d engan Nginx yang lebih stabil dan populer. Untuk mengunduh WnMp dapat melalui http://code.google.com/p/whimp
Unduh WnMp

8. UwAmp Server

UwAmp adalah server berbasis Windows bertujuan untuk memberikan Anda akses untuk menguji aplikasi web Anda secara lokal menjadi offline, maksudnya tanpa menggunakan internet.
Unduh UwAmp

9. WPN-XM Web Server

WPN-XM merupakan singkatan dari Windows, PHP, Nginx, Xdebug, dan MariaDB. Dilihat dari namanya, kita bisa lihat bahwa WPN-XM sedikit berbeda dibandingkan WAMP Server/XAMPP/Bitnami AMP Stack. WPN-XM menggunakan Nginx sebagai webserver yang dikenal lebih cepat dari Apache, begitu juga MariaDB sebagai penyimpanan data lebih cepat dan memiliki lebih banyak fitur dari MySQL. WPN-XM ini sangat cocok untuk programmer yang ingin membuat situs web yang nantinya akan dijalankan di server produksi yang menggunakan Nginx. Komponen perangkat lunak yang dimiliki WPN-XM cukup banyak dan biasanya digunakan untuk pembuatan situs web atau aplikasi berbasis web moderen tapi tidak disediakan sebagai add-on.
Unduh WPN-XM

10. SecureWamp 

Dengan SecureWAMP Anda dapat mengatur instalasi untuk Windows untuk mengaktifkan Apache, MySQL dan PHP hanya dalam beberapa menit.
    Apache (2.4.x, VC9)
    PHP 5.4.x
    MySQL 5.5.x
    SQLite 3.x
    PhpMyAdmin 3.x
    Mercury/32 Mail-Server 4.7.x
    Python 2.7
    Perl 5 dan lainnya
Unduh SecureWamp

Baca juga aplikasi yang support MySQL klik disini 

1 comment: